Hai lagi..
Saya mau cerita lagi nih, agak sedih kalo menurut saya pribadi ya.. soal motor, yupp memang soal benda itu. Sentimentil soal motor soalnya.
Jadi dulu banget, pernah punya motor Honda Grand Astrea Impressa tahun 1997 yang pas itu dipake duluan ama Kakak saya, lalu saya yang pake ketika dia sudah tidak pindah dari Malang. Pas masih baru tuh motor, sudah ditabrakin ke mobil yang lagi parkir ditengah jalan. Lalu motor ini juga yang entah kenapa selalu saja bikin saya apes terus. Yang terakhir kali dia bikin apes pas dia dicuri ama maling pada saat saya lagi pacaran di kost-kost an mantan pacar. Dan saya berusaha mati-matian untuk mencarinya, dari pake dukun ampe polisi hasilnya gagal total untuk menemukannya. Dia saya kasih nama Grandy!
Kira-kira tahun 2001-an saya dapat motor baru, pas itu lagi booming nya motor-motor produksi China, saya kurang percaya dengan produknya waktu itu nama motornya Beijing BJ-110 yang modelnya boleh dibilang yahud lah, tapi baru setahun pake sudah turun mesin. Dan merepotkan banget untuk ngebenerinnya karena gak banyak spare part nya, untungnya masih cocok dengan spare part nya Honda Supra. Akhirnya di mutasi ke Kupang sampai gak tau rimbanya gimana. Dan saya gak sempat kasi nama sama motor ini, karena begitu menyebalkan gak ada abisnya dibenerin.
Dan pas akhir tahun 2002 di bulan Desember, saya dibelikan motor Suzuki Shogun 110 New (FD110). Dan langsung saya kasih nama Shogy, dia tarikannya enak dan kuat banget. Dan kebetulan 2 bulan kemudian saya menemukan pasangan juga yang akhirnya jadi istri saya. Kami mulai mengalami berbagai petualangan dengan si Shogy ini. Pada tahun 2003 saya akhirnya lulus kuliah, dan mulai tahun 2004 resmi jadi pengangguran. Pada saat itu si Shogy mengalami hal yang miris banget. Sudah sering digunakan, tapi gak bisa dirawat karena saya nganggur gak punya uang yang cukup. Pernah gear set nya hancur dan sudah waktunya ganti, tapi karena saking ga ada duit jadinya dibenerin temporary saja, akhirnya harus bolak-balik benerin sendiri dan selalu menyusahkan juga. Pernah kami pacaran dan harus mengalami masalah pas berada di tengah hutan, yaitu clip pengunci gear depannya lepas dan ini merepotkan banget. Karena saya gak bawa obeng dan terpaksa membongkar dan saya pecahin penutup gear depan, lalu pasang clip pengunci gear depan sendiri.
Tapi Shogy tetep saja nemenin saya kemana-mana dengan pacar saya. Kami bertengkar di motor itu, mogok karena pengen pacaran ke Batu. Dipake sama dia untuk belanja, nganterin dia kuliah sampai dia lulus, dan nemenin kami berdua bekerja di Jakarta juga. Walaupun di Jakarta juga berbagai masalah tetep masih menimpa si Shogy ini. Dari sering mogok gak jelas, ampe harus bolak-balik ke bengkel. Saya sampai gak tau udah berapa juta biaya yang dikeluarkan buat si Shogy secara totalnya.
Pada saat saya dengan pacar saya putus, saya juga memilih mengganti Shogy dengan Yamaha V-ixion tahun 2010 yang saya biasa panggil si Pixy. Sayangnya walaupun saya sudah punya motor baru, tetep akhirnya kembali ke Shogy, karena si Pixy keburu dicuri maling (lagi) dan dicuri di kost-kostan juga di daerah Cikupa, Tangerang. Saya bekerja dengan menggunakan Shogy lagi, kemana-mana menggunakan Shogy termasuk mencari pernak-pernik buat nikah kami. Ups... saya lupa menyebutkan saya rujuk lagi dengan pacar dan memutuskan menikah di tahun 2011 setelah 6 bulan putus. Shogy masih tetap menemani saya dan pacar saya kemana-mana.
Hingga akhirnya kehilangan Pixy diganti sama perusahaan saya bekerja. Dan saya menggantinya dengan Honda New MegaPro 150 tahun 2011, yang saya panggil Meggy. Sayangnya saya tidak begitu suka dengan Megy. Sementara si Shogy sudah terlalu sering dibanting ama orang-orang yang pake dia pas Pixy masih ada, setangnya bengkok, spionnya tidak pernah utuh, foot step nya selalu robek karetnya, baret-baret dibodynya makin lama makin banyak aja. Sungguhan gak tega ngeliat kondisinya si Shogy, apalagi pas Meggy sudah bisa dipake buat kemana-mana. Akhirnya Meggy saya jual awal tahun 2013 dibulan January. Dan saya kembali menggunakan si Shogy dengan melakukan perbaikan habis-habisan, termasuk mutasi Shogy dari Malang ke Bekasi. Walaupun masih bermasalah di koplingnya, tapi saya tetap menggunakannya. Dan tiap bulan rutin saya jaga oli dan perawatannya. She is getting old, poor Shogy.
Terakhir pada bulan Oktober 2013, she is finally give up! Dia nyerah, entah oli bisa bocor dari mana saya gak ngerti. Padahal saya sudah berusaha untuk memperbaikinya, perbaikan yang terakhir diharapkan bisa mengurangi kebocoran olinya. Tapi justru membuatnya makin kehilangan oli, dan akhirnya habis padahal belum genap 1 bulan untuk penggantian oli yang berikutnya. Saya dibuat susah untuk terakhir kalinya. Tetap aja gak tega untuk membuat dia begitu saja, dia sudah banyak menemani kami berdua hingga putri kami lahir. Saya maunya memberikan napas lagi buat si Shogy, cuma tidak bisa lagi. Kayaknya kami juga harus terus move on dengan merelakan Shogy pergi. 11 tahun lamanya dia nemenin kami pergi berpetualang bersama-sama. Mungkin yang terbaik adalah petualangan menuju kaki gunung Semeru yaitu Ranu Pane. She is at her best condition!
Akhirnya saya lepas si Shogy dan menjualnya dalam kondisi kotor, dan rusak. Sedihnya luar biasa deh. Rasanya cukup kehilangan banget. Tapi memang harus begini kali, harus move on dan melakukan hal yang baru juga. Kami juga harus berjuang untuk menghadapi kehidupan yang lebih baru juga.
Dan saya akhirnya membeli si Yamaha Jupiter Z1 tahun 2013 di bulan November. Saya dulunya pengen ngambil si Jupe ini pas waktu Shogy masih jadi calon motor saya. Cuma ada yang lebih memilih Shogy daripada Jupe.
Oh well... I hope she is getting better with someone new. A new familly I hope! Yang mau ngerawat dia dengan sebaik-baiknya, supaya bisa lari dengan kecepatan terbaiknya lagi.
Farewell Shogy, we will miss you!
PS: nulis barengan dengan meninggalnya Paul William Walker IV a.k.a Paul Walker aktor film Fast and Furious franchise. RIP Paul Walker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar