Jumat, 15 Juni 2012

Dari Yamaha Vixion ke Honda New MegaPro

Halo! 
Hari ini gw mau nulis review berdasarkan pengalaman dan penggunaan Yamaha Vixion dan Honda New MegaPro gw pribadi. Jadi ini bener-bener berdasarkan gw make dua motor itu.
Nah untuk spesifikasi atau model atau gambarnya cek link Yamaha Vixion dan Honda New MegaPro untuk lebih jelasnya.



Begini ceritanya, gw pake Vixion duluan, tahun 2010 bulan November gw beli Vixion karena emang sudah suka banget dengan modelnya. Ditambah lagi keinginan gw untuk bisa melakukan touring kemana aja dengan motor cowok kayak gini. Pada saat itu emang New MegaPro juga lagi diluncurkan ama Honda. Tapi gw gak tertarik dengan New MegaPro, karena stylenya kayak bapak-bapak yang pake. Kalo Vixion stylenya Sport banget, nungging dan kalo dinaikin posisi badan pas banget jadi membuat kita pengen naikin RPM ke yang paling tinggi dengan kecepatan lebih dari 100km/jam. So gw beli deh itu Vixion, dan mulai pake dengan ambisi bakalan nyobain ampe batas kecepatannya dia, sempat gw tarik kecepatan sampe di 120km/jam. Bener-bener adrenalin gw naik, jadi pengen nyobain dan nyobain lagi. 


Cuma si Pixy (panggilan untuk Vixion gw :p) ini ada kelemahannya, dibagian ban belakang dengan ukuran 90/90 kurang mantap. Gw beberapa kali pada saat mau nikung langsung kendor nyalinya abisnya ban selip, dan terasa banget mau jatuhnya. Untungnya rem-nya Yamaha cukup yahud, jadi masih bisa ditahan pake rem sekaligus turunin gigi ke gigi rendah. Jadi gw ganti ban belakangnya ke ukuran 110/80, bekasnya Kawasaki Ninja 150RR. Setelah gw ganti, gw langsung nyobain ditikungan yang sama di daerah Setia Budi, Jakarta Pusat. Hasilnya lumayan nyengkrem, jadinya gw masih berani melakukan tikungan dengan kecepatan 60-70 km/jam. 


Terus berganti ke bagian penggunaannya nih, jadi kondisinya gw tinggal didaerah Bekasi Timur dan lagi tugas kantor di daerah Kalideres, Jakarta Barat. Biasanya gw isi dengan Pertamax, selalu mengisi 10 liter. Dan biasanya gw melakukan pengisian pas hari Senin dan baru diisi lagi paling cepet di hari Jumat. Jadi 10 liter bensin dipake untuk 120 km (udah PP), sekitar 1.200 km lah. Lumayan juga, bensinnya gak terlalu bocor-bocor banget. Mungkin karena menggunakan injeksi jadinya gak terlalu boros bensinnya.


Gw juga sempat ganti dari knalpot standard-nya Vixion dengan knalpot Yoshimura yang 2 lubang. Hasilnya suara tambah menggelegar banget dan tendangan pada tenaga dorongnya juga jadi bertambah. Tapi sayangnya bikin bensin agak boros hehehehehe. Kalo udah mau nyampe kantor aja, temen-temen udah tau gw udah nyampe saking ramenya tuh suara knalpot :D.


Tapi sayang banget, insiden pas gw tugas di daerah Cikupa, Tangerang buat si Pixy ilang huhuhuhu. Bener-bener bikin sedih banget, padahal Pixy selalu kinclong gw rawat, belum lagi penampilannya gw buat sesuai selera gw. Aduhh.. bikin sedih deh :(


Lanjut lagi ke New MegaPro yang biasanya gw panggil Meggy :D.


Kenapa gw akhirnya beli MegaPro? Jadi abis keilangan si Pixy, gw dapat pesangon untuk ganti si Pixy. Tentu saja gw maunya balik ke Pixy lagi, tapi karena si Pixy itu paling sering mau dibobol ama maling. #1 rumah kunci Pixy jebol gw ampe ganti rumah kuncinya, tau deh malingnya udah keburu kabur. #2 sering banget ilang footstep ama rumah lampu remnya. Jadi gw beli Meggy karena dia ada double locknya, yang ada magnetnya jadi agak sulit dikit deh buat malingnya untuk ngambil si Meggy. Tapi gak 100% aman deh, kadang maling lebih pinter dari yang punya.


Dari tampilannya masih kurang sreg deh, dia berat dari sisi bobotnya. Masih lebih enteng Pixy tapi Pixy tinggi, jadi untuk yang tingginya kurang agak kesulitan dikit deh. Terus dari modelnya terasa kaku banget. Ternyata dari bobot yang berat itu ada maksudnya. Meggy bener-bener balance dipakenya. Mungkin karena dia juga sudah pake ban ukuran 100/80 jadinya makin membuat dia balance. Jadi pas gw nyobain di tikungan dengan kecepatan 60-80 km/jam masih aman. Dan bannya bener-bener lengket di aspal.


Keamanan pas nikung itu bikin gw pede kalo seandainya lagi kecepatan tinggi terus harus nikung, malah kondisi seperti itu jadi favorit gw. Karena berasa sensasinya. Cuma yang gw gak begitu suka itu adalah dimasalah kecepatannya. Dia agak lama untuk membuat kondisi bener-bener cepet. Akselerasinya terasa banget lama di RPM yang kita mau untuk pindah gigi. Istilahnya harus digiring sampe di RPM yang kita mau baru bisa nyampe di 105 km/jam. Ternyata kebanyakan yang pake Meggy juga mengalami hal yang sama, mentok di 105 km/jam. Mungkin ini dikarenakan bobotnya yang lebih berat jadinya untuk bikin RPM tinggi agak sulit.


Dan kalo dibandingkan dengan Pixy lagi soal koplingnya, masih lebih enak koplingnya Pixy. Handle koplingnya Meggy agak berat, jadi lama-lama lumayan bikin pegel juga. Dan dia lebih boros daripada si Pixy juga, kalo dengan kondisi yang sama dengan Pixy, yang selalu gw isi dengan Pertamax 10liter, dia paling lama hari Rabu ato Kamis pagi sudah harus diisi. Jadinya gw sering banget pake bensin cadangan pada saat pake Meggy.


Oh iya, adalagi kekurangannya Meggy ini. Kalo udah kondisinya macet dan akhirnya mesinnya kepanasan. Itu panasnya mesin berasa di kaki. Karena Meggy gak menggunakan radiator untuk mendinginkan mesinnya. Sementara Pixy udah pake radiator. Jadi dengan kondisi macet gimana juga gak berasa di kaki panasnya.


Jadi secara overall gw masih lebih demen pake Pixy, tapi sekarang dinikmatin dulu deh pake Meggy-nya. Dan kalo saja Yamaha mendatangkan R15-nya gw kayaknya bakalan ngebeli tuh. Tapi sayang ampe sekarang Yamaha gak ada minat untuk ngebawa si R15 ke Indonesia. Padahal yang suka dengan R15 itu cukup banyak. 


Dan harapannya itu kalo untuk Yamaha Vixion:

1. Tambahkan rem cakram di ban belakangnya, biar makin yahud pengeremannya.
2. Ganti ban belakangnya dengan ban 100/80 ato lebih deh biar makin mantap pada saat melakukan tikungan.
3. Please BRING YAMAHA R15 to Indonesia!!!!


Dan harapannya untuk Honda New MegaPro:
1. Perhatikan masalah bobotnya yang terlalu berat dong.

2. Kecepatannya bisa ditambah gak ya dengan RPM yang bagus.
3. Radiatornya dipasang aja, biar gak kepanasan mesinnya.
4. Kalo bisa selain menggunakan Injeksi di motor-motor skutiknya, mungkin di MegaPro juga deh. Biar makin irit, jelas kalah nih konsumsi BBM nya ketimbang Vixion.
5. Perbaiki juga masalah tutup tangki yang sering kemasukan air. Ini konyol soalnya kalo motor keujanan bisa brebet mesinnya.


Yang gw suka dari Yamaha Vixion:
1. Tampilannya bagus banget.
2. Kecepatannya lebih mantap dari kelas 150cc lainnya.
3. Remnya bagus


Yang gw suka dari Honda New MegaPro:
1. Balancenya luar biasa.
2. Bannya yang besar.

3. Rem cakram depan dan belakang.

Tidak ada komentar: